author

Penulis:
Administrator


Meningkatkan Budaya Literasi Peserta Didik Dengan Pojok Baca

Meningkatkan Budaya Literasi Peserta Didik Dengan Pojok Baca

Membaca merupakan jantungnya pendidikan. Semakin tinggi budaya membaca sebuah bangsa, maka semakin baik pula tatanan nilai kehidupan bangsa. Dengan membaca pula akan menambah wawasan, informasi-informasi penting yang terjadi dibelahan dunia dan masih banyak lagi. Negara-negara yang mutu pendidikannya baik menjadikan membaca atau budaya literasi sebagai kegiatan yang wajib disekolah. Karena mereka menanamkan persepsi bahwa membaca adalah kebiasaan yang dibentuk lingkungan. Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dapat memberi pengaruh yang kuat dalam meningkatkan minat membaca.

Sekolah sebagai institusi yang begitu dekat dengan anak-anak memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan dan pengesahan karakter serta kebiasaan anak pada usia dini. SD Negeri Imogiri sebagai salah satu sekolah dasar negeri yang memiliki misi untuk dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia, cerdas, dan unggul menjadikan sekolah ini berupaya untuk senantiasamencapai misi teraebut dengan berbagai terobosan dan strategi.

Penumbuhan budaya literasi sebagai salah satu karakter positif yang dapat dikembangkan pada anak-anak menjadi salah satu fokus dari sekolah ini. Salah satu terobosan strategi yang digunakan oleh SD Negeri Imogiri adalah kegiatan pojok baca. Pojok baca merujuk pada kegiatan membaca yang dilakukan oleh siswa dengan memanfaatkanfasilitas berupa suatu bagian ruangan yang khusus disediakan untuk membaca dengan berbagai buku dan fasilitas lainnya. Sesuai namanya, pojok baca umumnya dilaksanakan di pojok kelas yang sudah didesain sedemikian rupa agar nyaman untuk membaca. Pojok baca sendiri biasanya dimanfaatkan oleh siswa di setiap waktu istirahat. Pojok baca itu sendiri berfungsi sebagai instrumen dalam pembiasaan siswa untuk membaca buku. Pojok baca juga menjadi salah satu strategi dalam upaya pemberantasan kebodohan. Pojok baca juga dapatdimanfaatkan sebagai sarana rekreasi siswa pada jam waktu istirahat untuk dapat dihabiskan secara lebih bermanfaat dengan membaca buku. Selain itu, pojok baca juga menambah nilai estetika dari kelas sehinggamenambah motivasi dan semangat belajar dari siswa agar tidak merasa kebosanan saat berada di dalam kelas.